Mempertahankan Kemerdakaan (Teks Pidato SD)


 

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera

Teman-teman, anak-anak Indonesia…

Dalam sejarah, kita belajar bahwa perjuangan merebut kemerdekaan dari para penjajah, bukan sesuatu yang sepele. Kemerdekaan Indonesia tidak akan pernah bisa didapat hanya dengan tidur-tiduran dan malas-malasan. Kemerdekaan Indonesia tidak akan bisa terwujud hanya dengan mengandalkan sebagian kelompok saja. Kemerdekaan Indonesia hanyalah ilusi tanpa bersatunya tekad dan tindakan dari seluruh anak-anak bangsa.

Ratusan tahun, bangsa Indonesia hanyalah budak para penjajah. Ribuan hari, bangsa Indonesia menjadi musuh bangsanya sendiri. Dan jutaan jam, bangsa Indonesia selalu gagal untuk mengusir penjajah. Sampai suatu hari, tepatnya tanggal 28 oktober 1928, pemuda dan pemudi Indonesia menyatakan sebuah tekad untuk bersatu.

Momentum itu adalah awal dari sebuah perjuangan atas nama nasionalisme. Momentum itu diabadikan dengan sebutan ‘Sum-Pah Pe-Mu-Da’. Pemuda-pemudi Indonesia bertekad dengan segenap jiwa, dengan mempertaruhkan raga dan nyawa, untuk satu hal; KE-MER-DE-KA-AN.

Teman-teman sebangsa dan setanah air…

Semakin lama, tekad para pemuda itu semakin mewujud dalam setiap hela nafas, degup jantung, dan gerak langkah kehidupan mereka. Semua aksi para pemuda itu , akhirnya mengantarkan bangsa Indonesia ke depaan pintu gerbang kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 17 agustus 1945.

Perjuangan para pahlawan tidak berhenti sampai sana. Rongrongan terus mengalir terhadap NKRI. Namun para pahlawan kita terus berjuang mempertahankannya. Termasuk saat pertempuran dengan di Surabaya pada tanggal 10 november 1945. Oleh karena itu, setiap tanggal 10 november kita memperingati hari pahlawan nasional.

Teman-teman yang saya cintai…

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan bukan hanya tugas para nenek moyang kita. Sebagai generasi muda bangsa, tugas mempertahankan kemerdekaan Indonesia ada di pundak kita. Masa depan negara Indonesia, bergantung terhadap kualitas kita sebagai generasi muda. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk kita berleha-leha. Hanya satu cara untuk membuktikan nasionalisme kita dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Apa itu? Belajar, belajar, dan terus belajar.

Sekian dan terimakasih.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…

 

2 responses to “Mempertahankan Kemerdakaan (Teks Pidato SD)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s