Arti Hari Pahlawan Untuk Pelajar (Teks Pidato SD)


Salam sejahtera untuk kita semua

Indonesia adalah negara yang besar, dengan ribuan pulau dan ribuan suku bangsa. Indonesia berdiri bukan karena sebuah kebetulan. Indonesia hadir bukan karena sebuah pemberian. Namun, Indonesia ada karena nenek moyang kita tidak sudi menjadi bangsa jajahan. Karena orang tua kita tidak mau anak cucunya hidup di bawah kaki dan ketiak bangsa lain. Indonesia merdeka atas jasa pengorbanan para pahlawan. Demi kemerdekaan, mereka rela menukarkannya dengan tumpahan darah dan kehilangan nyawa.

Teman-teman sebangsa dan setanah air…

Lahirnya perjuangan para pahlawan didasari 3 hal; pertama; kesadaran atas makna kemerdekaan. Kesadaran para pendiri bangsa Indonesia akan kemerdekaan dituangkan dalam teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan”.
Kedua; nasionalisme. Ratusan tahun bangsa Indonesia melakukan perlawanan terhadap panjajah. Ratusan tahun pula, mereka selalu mengalami kegagalan. Alasannya satu; perjuangan mereka dilakukan secara berkelompok-kelompok. Rasa kesukuan menjadi penghalang besar untuk hadirnya sebuah persatuan bangsa. Menyadari kesalahan ini, para pemuda dan pemudi Indonesia pada tahun 1982 melakukan sebuah tekad untuk berjuang bersama atas nama bangsa Indonesia, atas dasar kecintaan terhadap negara Indonesia. Peristiwa tersebut kita kenal dengan sumpah pemuda.

Ketiga; patriotisme. Patriotisme adalah sikap berani berkorban. Patriotisme adalah bukti atas nasionalisme. Para pahlawan kita membuktikan nasionlismenya dengan pengorbanan pikiran, harta, tenaga, bahkan nyawa sekalipun. Salah satunya adalah pertempuran besar antara bangsa Indonesia dengan penjajah belanda pada tanggal 10 November 1945, yang kini dijadikan hari besar nasional yaitu hari pahlawan.

Teman-teman seperjuangan…

Hanya Bangsa yang hebat, yang tidak pernah melupakan sejarah masa lalunya. Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman semua untuk merenungkan dan mamaknai peringatan hari pahlawan. Tentunya, sesuai dengan kapasitas kita sebagai pelajar. Nasionalisme dan patriotisme, kita wujudkan dalam kesungguhan belajar, dengan melawan rasa letih, malas dan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Terakhir, pada saat ini, kitapun harus sadar bahwa ilmu pengetahuanlah yang bisa menjaga kemerdekaan yang telah diraih 69 tahun yang lalu. Dan kemerdekaan bangsa Indonesia dimasa depan bergantung dengan pendidikan kita saat ini, anak-anak Indonesia.

Demikian pidato saya, mohon maaf atas segala kekurangan.

Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s