Sumpah (Serapah) Pemuda


Sumpah artinya janji, ikrar, atau nadzar. Sumpah adalah refleksi sebuah tekad hati untuk melakukan sesuatu. Sedangkan sumpah serapah maknanya cacian, cercaan atau makian.

Pemuda adalah sosok manusia yang enerjik, bersemangat, bertenaga, banyak cita-cita (keinginan), visioner dan kurang berpengalaman. Walaupun faktanya penggambaran tersebut tidak cocok untuk sebagian kecil anak muda.

Dengan karekteristik yang dimiliki, para pemuda Indonesia -jaman dulu- menyamakan tekad untuk lahirnya persatuan dan kesatuan bangsa. Setelah itu, mereka berkomitmen akan saling bahu untuk menyelesaikan beban bersama; penjajahan. Dengan izin Allah, kemerdekaan bisa diraih setelah janji bersama mengajawantah dalam rangkaian aksi dan tindakan. Bertahun-tahun. Itulah buah sumpah pemuda.

Hari ini, di media sosial yang menjadi ikon anak muda, kita bisa melihat dan menelaah seperti apa pemuda Indonesia kini. Banyak yang menggambarkan dirinya sebagai pemuda; ucapan dan tindakan menunjukan komitmen untuk Indonesia maju.

Namun juga tidak sedikit pemuda Indonesia yang terus membuat permusuhan, tidak bisa menghargai kawan apalagi lawan dan sibuk mencari keburukan pihak yang berbeda. Setelah itu makian, hinaan dan cercaan menjadi senjata andalan yang mereka bawa sampai liang lahad. Mereka lupa bahwa yang mereka hina adalah saudara sebangsa, saudara senegara atau mungkin seagama. Mereka lupa sumpah serapahnya bukan untuk musuh tapi untuk negaranya sendiri; Indonesia.

Maju atau mundurnya ndonesia di masa depan, salah satunya ditentukan sebanyak dan sejauh mana ‘sumpah pemuda Indonesia’ atau ‘sumpah serapah pemuda Indonesia.

Anda?

Kalau memilih bersumpah serapah, anda tidak perlu buat-apa-apa. Sumpah serapah anda sudah cukup untuk membuat kedamaian lingkungan, kampung hslaman dan negara kita terusik. Namun jika memilih bersumpah, anda mempunyai tanggung jawab untuk turun tangan melakukan aksi nyata untuk kebaikan bangsa dan negara kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s