Kikandria dan Alexandria


Saya belum pernah menjabarkan (bahkan mengkasroh-dommahkan) makna awal puteri saya; Kikandria Zeest Padlilsyah. Banyak yang tanya ‘kenapa tidak Islami?’ Saya perlu tegaskan, kami menamakan puteri kami Kikandria melalui tafakkur dan tadabbur dari ayat-ayat Allah –yang tekstual dan kontekstual. Bukan hanya itu, doa dan tawakkal kepada Allah adalah bentuk ‘mengislam(i)kan’ nama yang kami berikan. Hanya saja, kami tidak memberikan nama dari bahasa arab untuk puteri kami.

Saat kerajaan-kerajaan arab berkuasa di dunia, bahasa arab menjadi begitu digdaya. Bahasa arab berevolusi menjadi ideologi, dan lambat laun menjadi sebuah identitas. Identitas bangsa yang hebat. Makna lainya, pengguna bahasa-bahasa lain adalah bangsa inferior. Bahkan dalam ilmu tata bahasa arab terkenal kaidah “bukan sebuah kalimat yang benar saat di dalamnya ada unsur kata ‘ajam’ (bukan arab)”. Kata-kata yang tersusun yang memberikan arti namun mengunakan bahasa ‘ajam’ tidaklah disebut kalimat mufidah (kalimat yang berarti, berfaidah atau bermakna). Ya begitulah, bahasa dan politik selalu saling menguatkan. Untuk saya, tiap bahasa mempunyai karekteristik masing-masing. Tidak ada yang superior, tidak ada yang inferior. Termasuk masing-masing penggunanya.

Islam memang lahir di jazirah arab. Namun bukan hanya untuk bangsa arab. Islam hadir untuk alam semesta; tak disekat warna kulit, tak dibatasi (dialek) bahasa, tak dipenjara oleh teralis kesukuan dan kewarganegaraan. Islam agama yang cocok bagi siapapun. Nilai-nilai Islam bisa diaplikasikan dengan bahasa apapun.

Kikandria adalah nama islami namun tidak arabi.

Sekarang Alexandria.

Terys terang, saya belum pernah menginjakkan kaki di Alexandria. Namun kesohorannya membuat orang kampung seperti saya mengenalnya. Gambaran-gambaran keindahan kota itu menjadi motivasi saya untuk bisa kuliah di al-Azhar –sewaktu lulus aliyah, namun gagal. Bukan hanya keindahannya, Alexandria adalah kota yang sangat bersejarah dalam menghadirkan peradaban dunia. Semakin diteliti dan dikaji, Alexandria tambah membuat orang terpesona terhadapnya. Alexandria kota yang Indah, bersejarah dan penuh misteri.

 

Seperti halnya Alexandria, selain Indah dan mempunyai nilai sejarah yang luhur, biarlah Kikandriapun menjadi nama yang penuh misteri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s